10 Cemilan Kota Bandung !!!!

Sabtu, 20 Oktober 2012

Ke Bandung rasanya ga lengkap kalau kita ga berwisata kuliner di Kota Kembang ini, weekend ini kalain mesti cobain kuliner yang ada di Kota ini. Pokoknya lengkap akan kupas tuntas kuliner Bandung. Mungkin diawali dengan makan ringan yang ada di kota Bandung , chek this out :





1. Batagor

Batagor (akronim dari bakso tahu goreng) adalah makanan tradisional khas Jawa Barat yang dibuat dari tahu berbalut tepung lalu digoreng. Batagor ga lengkap kalau ga ada bumbu kacang ditambah kecap dan sedikit perasan buah jeruk nipis. biasanya ditemani dengan segelas air jeruk. yeeaaah!!!



2. Perkedel Bondon

Perkedel kentang yang dimasak atau digoreng di atas tungku api, dan bahan bakan untuk menyalakan api/baranya menggunakan kayu atau arang. Mungkin cara memasaknya ini lah yang membuat perkedel ini sangat nikmat disajikan panas panas dan dengan sambal saja sudah cukup untuk menemani nasi sebagai lauk untuk bersantap. Perkedel bondon ini buka toko pada waktu malam hari hingga dini hari, ups perkedel ini cepat habis!!! ayo cepat siapa cepat dia dapat.

3. Surabi Bandung


Serabi kadang disebut srabi atau surabi merupakan salah satu makanan ringan atau jajanan pasar yang berasal dari Indonesia. Serabi serupa dengan pancake (pannekoek atau pannenkoek) namun terbuat dari tepung beras (bukan tepung terigu) dan diberi kuah cair yang manis (biasanya dari gula kelapa). Kuah ini bervariasi menurut daerah di Indonesia. Daerah yang terkenal dengan kue serabinya adalah Jakarta, Bandung, Solo, Pekalongan dan Purwokerto yang masing-masing memiliki keunikan tersendiri. Tapi di Bandung serabi ini sudah di kaloborasikan dengan berbagai macam varian. Waaaw!!

4. Combro


Combro atau kadang disebut comro atau gemet merupakan makanan khas dari Jawa Barat. Combro terbuat dari parutan singkong yang dibentuk bulat yang bagian dalamnya diisi dengan sambal oncom kemudian digoreng, karena itulah dinamai combro yang merupakan kependekan dari oncom di jero (bahasa Sunda (Namun nama tradisionalnya combro bukan comro), artinya: oncom di dalam, begitu juga halnya dengan gemet merupakan kependekan dari dage saemet artinya dage di dalam yang artinya kurang lebih sama. Makanan ini lebih enak disantap saat masih hangat.

5. Misro


Misro merupakan makanan khas dari Jawa Barat. Terbuat dari parutan singkong yang bagian dalamnya diisi dengan gula merah kemudian digoreng, karena itulah dinamai Misro yang merupakan kependekan dari amis di jero (bahasa Sunda, artinya: manis di dalam). Bentuknya bulat. Makanan ini enak disantap saat hangat

6. Pisang Molen




Pisang molen adalah suatu hidangan ringan berbahan baku pisang yang dilapisi lembar-lembar adonan dan kemudian digoreng. Hidangan ini merupakan variasi dalam pengolahan dari pisang goreng. Pisang molen ini juga sangat digemari para turis untuk buah tangan yang sangat tersohor.

7. Peuyeum


Peuyeum adalah sejenis makanan khas yang terbuat dari singkong yang direbus dan diberi ragi sehingga menjadi terfermentasi. Peuyeum ini juga tidak kalah dengan pisang molen, cemilan ini juga sangat terkenal untuk buah tangannya. Biasanya kita bisa menemukan peuyeum di spot-spot tempat wisata di kota Bandung.


8. Tutut

Tutut adalah hewan sejenis keong yang ukrannya kecil kecil. Biasa dimasak dengan bumbu pedas dengan ditambahi banyak daun salam dan sereh supaya bau amis tutut itu sendiri bisa hilang. Ada keunikan saat kita menyantap makanan ini lho. Penasaran? ayoo coba.


9. Rujak Cuka


Rujak cuka adalah makanan tradisional yang terbuat dari campuran berbagai macam sayuran atau buah dan dibubuhi bumbu rujak yang juga ditambah cuka. Rujak ini sangat pas di makan di siang hari, segar, nikmat dan lega saat kita memakan rujak ini.

10. Wajit


Wajit adalah suatu penganan yang terbuat dari beras ketan, gula merah dan kelapa yang dimasak menjadi satu. Wajit merupakan oleh-oleh asli Cililin, Kabupaten Bandung Barat. Ada banyak macam wajit, tapi wajit Cililin memiliki keunikan tersendiri karena dibungkus dengan cangkang buah jagung.





0 komentar:

Posting Komentar