Batik Khas Kota Bandung

Rabu, 10 Oktober 2012

Pada zaman sebelum kemerdekaan, batik Bandung dibuat oleh para perajin di sekitar pinggiran sungai Cikapundung. Namun pada saat ini penginggalannya sudah tidak tersisa. Saat ini batik Bandung berkembang dan lebih mengedepankan desain kontemporer dan modern, mengingat Bandung sebagai kota kreatif. Namun ada pula beberapa motif kedaerahan yang pernah dikembangkan. Ada beberapa daerah pengembangan batik Bandung. Diantaranya berada di daerah Cigadung, yakni daerah dekat Taman Makam Pahlawan Cikutra. Di daerah ini ada beberapa tokoh yang berkiprah dalam pengembangan batik Jawa Barat. Adapula industri kerajinan batik yang berada di daerah Sarijadi dan Bojong Koneng.

Batik ini bermotifkan Bunga Patrakomala sebagai Flora Khas Kota bandung dan dipadukan Burung Cangkurileung sebagai Fauna khas Kota Bandung, banyak orang yang belum mengetahui apa yang menjadi ke khasan kota yang kita tempati. Oleh karena itu, mari kita gali apa yang menjadi ke khasan kota kita. Jangan sampai batik yang menjadi ke khasan kota kita di klaim oleh negara lain. Mari kita lestarikan kebudayaan batik ini.

2 komentar:

Agung Bagus Saputro mengatakan...

keren, Bandung punya batik juga ternyata, saya pikir Batik Pekalongan saja

vanaquadros mengatakan...

Stainless Steel (Titanium), an alloy (steel)
T.G.B.: Steel titanium mug is crafted with polished titanium a titanium steel titanium hoop earrings core. Titanium is titanium stronger than steel made titanium rainbow quartz in Solingen, Germany.

Posting Komentar